Cara Budidaya Tanaman Buah Naga Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Buah Naga – Ada yang harus diperhatikan untuk membudidayakan buah naga yaitu syarat tumbuh tanaman buah naga sebaiknya ditanamn di dataran rendah dengan ketinggian 20-500 mdpl. Mengandung pH tanah 5-7. Ketersedian air cukup.

Cara Menanam Buah Naga

  1. Bajak Tanah / Lahan Tanaman Buah Naga

Bajak tanah dapat dilakukan kurang lebih sedalam 20 cm. Kemudian taburkan pupuk kandang sebanyak 10-20 ton ha, lalu semprotkan dengan GDM Black BOS ditanah oada kondisi tanah yang lemabab atau basah.

  1. Siapkan Tiang Penyanggah

Siapkanlah tiang penyanggah yang bertujuan untuk menyanggah tanaman buah naga, biasanya terbuat dari beton yang berukuran 10 cm x 10 cm dengan panjang 150 cm kedalam tanah /  lahan tanaman buah naga yang telah diolah.

Dibagian ujung tiang dapat diberikan besi yang berbentuk lingkaran ata bisa juga menggunakan ban bekas untuk menompang cabang supaya tidak patah. Setiap tiang penyanggah dapat ditanam 4 bibit buah naga dengan jarak 30 cm dari tiang penyanggah, lalu beri pupuk kandang kurang lebih sebanyak 5-10 kg setiap lubangnya.

  1. Buatlah Parit di Sekitar Lahan Budidaya Buah Naga

Parit dibuat mengelilingi lahan buah naga untuk saluran drainase agar ketika hujan air tidak menggenangi lahan, sehingga dapat mencegah buah naga dari kebusukan.

  1. Bibit Buah Naga

Bibit yang digunakan harus merupakan bibit yang sehat dan tahan terhadap penyakit, serta memiliki potensi hasil berbuah yang tinggi. Cara pembibitannya dalah dengan merendam bibit buah naga dengan pupuk buah naga organik cair GDM spesialis buah sebanyak 1 gelas air mineral dan larutkan dengan 10 liter air, kemudian rendam selama 1-2 jam.

  1. Jarak Tanam Buah naga

Jarak yang dianjurkan untuk menanm bibit naga adalah 2,5 x 3 meter. Jika dalam luasan ahan 1 hektar membutuhkan tiang penyangga kurang lebih sebanyak 2000 dan dengan bibit 8000.

  1. Sistem Pengairan Pada Tanaman Buah Naga

Lakukan pengairan setiap hari dan saat pengairan usahakan agar tidak berlebih, supaya buah naga tidak menjadi busuk. Jangan lupa untuk membersihkan hama dan gulma yang mengganggu.

  1. Beri Pupuk Buah Naga Dengan Baik

Pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan pupuk NPK yang ditutup dengan pupuk kandang kurang lebih sebanyak 20-40 kg per tiang penyanggah. Pupuk buah naga yang bauk adalah pupuk buah naga yang organik. Semprotkan pupuk organik cair GDM spesialis buah setiap 10 hari sekali pada 3 bulan pertama lalu 1 bulan sekali pada bulan selanjutnya.

  1. Pangkas Tanaman Buah Naga

Tujuannya adalah menghentikan pertumbuhan cabang atau menghentikan pertumbuhan tunas baru, agar buah naga cepat berbunga dan berbuah.

  1. Panen Buah Naga.

Waktu yang dianjurkan untuk memanen yaitu pagi hari (pukul 06.00-09.00) dan sore hari (pukul 15.00-17.00). Ciri-ciri buah naga yang siap panen yang pertama dapat dipetik setelah 50-55 hari setelah munculnya bunga, lalu kulit buah mengkilat dengan adanya perubahan warna buah dari hijau menjadi merah, kemudian mahkota bunga mulai mengecil, kedua ujung pangkal buah menjadi kering dan keriput, yang terakhir buah naga memiliki ukuran besar dan bulat sempurna dengan berat kurang lebih 400-600 gram.

Baca juga : Penting Mengenai Enzim DNA

Tinggalkan komentar