Cara Budidaya Tanaman Jambu Kristal Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Jambu Kristal Untuk Pemula

Cara Budidaya Tanaman Jambu KristalJambu Kristal adalah salah satu jenis jambu yang memiliki rasa buah yang manis, memiliki sedikit biji dan juga mudah untuk dipelihara.

Oleh karena itu tak heran apabila tanaman ini cukup banyak digemari. Karena mudah dipelihara, berikut cara membudidayakannya.

  1. Persiapan Bibit

Bibit merupakan hal paling penting dalam membudidayakan tanaman jambu kristal. Ada dua jenis bibit yaitu bibit hasil generatif (dari biji) dan vegetatif (cangkok dan stek).

Agar tanaman jambu kristal dapat hasil yang maksimal, maka lebih baik untuk memilih bibit yang vegetatif karena sifatnya sama dengan induknya, sehingga bisa dicari induk dengan kualitas terbaik sesuai dengan keinginan, dan juga lebih cepat berbuahnya. Namun kekurangannya adalah akar yang tidak kuat sehingga mudah roboh maupun kering. Oleh karena itu pilihlah bibit yang sehat dan bebas dari hama maupun penyakit.

Apabila memilih pencangkokan, maka cangkokan akan dapat ditanam setelah cangkokkan berumur 2 bulan, kemudian diamkan cangkokan tersebut selama sehari semalam sebelum ditanam.

Baca Juga : Penjelasan Penting Mengenai Enzim DNA

  1. Persiapan Tempat Tanam/Pot

Ukuran Pot dapat disesuaikan dengan ujuran tanaman. Apabila tanaman masih berukuran kecil maka letakkan tanaman pada pot yang kecil juga, namun apabila tanaman sudah cukup besar maka tanaman dapat diletakkan di tempat yang lebih besar.

Hal yang terpenting adalah pastikan bahwa pot memiliki lubang dasar pot yang berfungsi untuk mengalirkan sisa air agar akar tidak terendam, karena dapat membuat akar menjadi mudah busuk dan mati. Usahakan agar pot memiliki wadah tambulapot untuk menjaga kestabilan kelembaban dan juga temperatur.

Tambulapot yang baik harus memiliki alas yang dapat memisahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika tidak memiliki kaki, maka dapat menggunakkan batu bata sebagai pengganti kaki.

  1. Persiapan Media Tanam

Syarat media tanam tambulapot untuk tanaman jambu kristal yaitu harus bisa menyimpan air dan juga pemasokkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman jambu kristal. Media tanam yang sering digunakan adalah tanah, kompos dan juga sekam dengan perbandingan 1:1:1. Karena tanah dan material organik daerah tropis memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, maka dapat dinetralkan dengan campuran kapur pertanian atau juga dolomit pada media tanam.

  1. Tahap Penanaman Bibit

Siapkan media tanam, jangan lupa untuk membuang kerikil bila ada. Kemudian sebelum memasukkan media tanam pada pot, pecahkan genteng atau bisa juga potongan-potongan sterofoam pada dasar pot sebanyak 1 lapis. Dapat juga ditambahkan dengan 1 lapis ijuk atau sabut kelapa.

Lalu isi dengan media tanam hingga setengah dari tinggi pot yang telah disiapkan. Pangkas sebagian daun atau batang bibit tanaman untuk mengurangi penguapan.

Lalu buka plastik cangkok pada bibit tanaman kemudian letakkan tepat ditengah pot, lalu atur peletakkkan suapaya tanaman menjadi tegak dan tidak miring. Kemudian timbun dengan media tanam hingga pangkal batang.

Padatkan media tanam disekitar pangkalan batang, pastikan agar tanaman sudah tertopang, kemudian siram agar tetap terjaga kelembabannya. Simpan tambulapot ditempat yang teduh dan tidak terkena matahari secara langsung, jangan lupa untuk disiran setiap pagi atau sore hari. Jika sudah mencapai satu minggu letakkan kembali tamulapot ditempat yang terbuka.

  1. Tahap Perawatan

Hal yang paling penting selanjutnya adalah perawatan, dimana tanaman harus rajin disiram agar tidak kering, layu dan mati. Lakukan juga pemangkasan.

Ada 3 pemangkasan yaitu pemangkasan bentuk, produksi dan peremajaan. Tujuannya adalah untuk membentuk tajuk baru dan juga mengatur postur tanaman agar semua bagian dapat terkena sinar matahari. Selain itu perlu juga untuk dilakukan pemupukkan agar tanaman dapat memperoleh nutrisi yang cukup.

Jangan lupa untuk mengendalikan tanaman dari hama dan juga penyakit, dan yang terakhir adalah pergantian media dan pot.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Buah Naga

Tinggalkan komentar