Cara Mudah Lapor SPT Pajak Online

Cara Mudah Lapor SPT Pajak Online

Cara Lapor SPT Pajak Online – Pajak adalah bentuk kewajiban sebagai rakyat Indonesia. Dengan diberlakukannya pajak kepada wajib pajak, seluruh infrastruktur umum dapat disempurnakan dan dipergunakan secara baik. Namun pada umumnya, pembayaran pajak terkendala pada tata cara lapor SPT pajak online.

Apa yang dimaksud dengan SPT?

SPT adalah akronim dari Surat Pemberitahuan Tahunan yang dikenakan kepada Wajib Pajak. Terdapat beberapa pilihan yang tersedia untuk memudahkan pelaporan SPT pajak bagi Wajib Pajak seperti memanfaatkan jasa Kantor Pelayanan Pajak atau KPP dan aplikasi online seperti e-filling.

Untuk memudahkan pengurusan SPT, Anda dapat memanfaatkan aplikasi SPT online e-filling. cara lapor SPT pajak online tersebut, Anda akan diminta untuk memberikan sejumlah data berupa email, nomor ponsel, dan lain sebagainya. Agar lebih memudahkan Anda, pedomanilah langkah-langkah berikut ini.

  1. Email dan Nomor Ponsel

Perlu diperhatikan bahwa syarat utama untuk melaporkan SPT pajak online adalah memiliki email dan nomor ponsel yang aktif. Ini befungsi sebagai langkah untuk mengaktifasi E-Filling.

Baca Juga : Pengertian Long Tail Keyword

  1. Aktivasi EFIN

EFIN atau electronic filling identification diaktifkan dengan mengunjungi KPP terdekat. Jangan lupa untuk menyiapkan data diri secara lengkap dan hal-hal yang berada di poin pertama.

  1. Kunjungi Website-nya!

Setelah melakukan aktivasi e-filling, Wajib Pajak diharuskan untuk mengunjungi laman djponline.pajak.go.id. Lalu, isilah formulir yang telah disefiakan. Pastikan tidak ada satu pun poin yang terlewatkan.

  1. Persetujuan dan Verifikasi

Ketika seluruh poin yang tertera pada formulir online telah diisi secara benar, setujuilah permohonan tersebut dengan melakukan klik pada pilihan yang tersedia.

  1. Cek Email!

Cek email merupakan langkah lanjutan dari poin yang sebelumnya. Ketika Anda sudah menyetujui formulir SPT, Anda disarankan untuk melakukan verifikasi dengan mengecek email dan sms yang masuk.

  1. Jangan Lupa Menyimpan Seluruh Informasi yang Sudah Diberikan

Setelah semua langkah pelaporan SPT pajak online dilakukan dengan baik dan tertib, jangan lupa untuk menyimpan seluruh informasi tersebut dengan membuka tautan yang dikirim melalui email. Anda juga dapat mencetak formulir tersebut sebagai bukti hardcopy.

Setelah memahami cara lapor SPT pajak online, langkah selanjutnya adalah mempraktikkannya. Pastikan Anda tidak meninggalkan satu poin pun yaaa…!

Baca Juga : Jenis Peralatan Yang Harus Disediakan Seorang Youtuber

Tinggalkan komentar