Cara Pengelolaan Ikan Beku

Cara Pengelolaan Ikan Beku

Cara Pengelolaan Ikan BekuSalah satu metode pengawetan ikan yang banyak digunakan adalah dengan membekukan ikan. Pembekuan ikan dilakukan dengan mengubah kandungan air pada ikan.

Kandungan air tersebut akan diubah menjadi es yang melapisi hampir seluruh bagian tubuh ikan. Pengawetan dengan metode ini berguna selain untuk penyimpanan sebagai konsumsi sehari-hari dan bisa pula dilakukan apabila untuk bisnis penjualan ikan dan mengirimkannya ke luar kota bahkan luar negeri.

Pada tubuh ikan, biasanya mengandung banyak kandungan air yaitu sekitar 60-70% pada tiap ikan. Cairan yang ada pada ikan tersebut mengisi tiap sel ikan dan cairan yang disebut larutan koloid itu memiliki kadar garam dan protein.

Cairan yang ada pada tubuh ikan sebagain besar merupakan free water dan sisanya yang kurang dari 5% merupakan bound water. Pada proses pembekuan, cairan itulah yang berperan. Ikan biasanya akan membeku pada suhu antara -0,6ºC hingga -2ºC dimulai dengan pembekuan pada bagian free water lalu bound water.

Proses pembenkuan ikan akan dimulai dari bagian luar yang kemudian berakhir dengan bagian tengah. Es yang terbentuk pada proses pembekuan akan membantu untuk menghambat pembentukan bakteri sehingga ikan lebih awet. Hal yang perlu diingat adalah pada saat melakukan pembekuan ikan, ikan harus dipisahkan berdasarkan ukurannya agar proses pembekuan berlangsung hampir bersamaan.

Saat memutuskan untuk membekukan ikan bagi konsumsi pribadi, ingatlah untuk menyimpan ikan pada wadah tersendiri agar tidak terkena udara. Ikan dapat disimpan pada wadah atau kantong plastik baru dimasukkan ke pendingin. Selain itu jangan menyimpan ikan lebih dari 6 bulan karena akan mengubah tekstur serta kandungan ikan.

Demikian pula saat akan mengelola ikan, jangan langsung mengeluarkan ikan beku dan membiarkannya mencair pada suhu ruangan.

Letakkan dahulu ikan pada kulkas dan menunggu setidaknya semalamam, tergantung dari ukuran ikan agar ikan bisa mencair. Hal ini perlu dilakukan agar suhu ikan tidak naik secara drastis dan memengaruhi kandungan ikan.

Baca Juga :

Suhu yang terlalu hangat akan dapat memengaruhi perkembangbiakan bakteri di dalam ikan. Bila waktu yang dimiliki terbatas untuk mengelola ikan dan tak dapat menunggu hingga semalamam, maka bisa pula mencairkan ikan dengan merendam pada air dingin.

Perlu diingat bahwa ikan harus dimasukkan ke wadah atau kantong plastik yang dapat menampung cairan yang berasal dari ikan yang membeku. Setelah ikan mencair, barulah ikan bisa dicuci menggunakan air dengan suhu ruang.

Tinggalkan komentar