Cara Stek Pohon Asam Jawa

Cara Stek Pohon Asam Jawa

Cara Stek Pohon Asam Jawa – Seperti diketahui bahwa khasiat Asam Jawa cukup banyak yang dapat dilihat dari sisi kesehatan yaitu sebagai berikut : menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan berat badan, mengobati luka di usus, menjaga dan memperbaiki kesehatan jantung, menyembuhkan luka karena memiliki efek antiseptik, mengobati penyakit gagal ginjal dan kanker ginjal karena zat antioksidan di dalamnya mampu mengurangi tingkat keparahan penyakit ini, mencegah dan mengobati penyakit batuk dan flu, mengobati asma, memperbaiki kondisi hati yang rusak, dan menjaga kesehatan secara umum dengan memanfaatkan buah, kulit, biji dan daunnya.

Karena mempunyai banyak khasiat maka Pohon Asam Jawa banyak dibudidayakan dalam skala besar dan cukup menguntungkan.

Bagaimana Cara Stek Pohon Asam Jawa ?

Pemilihan dan persiapan media tanam

Langkah – langkah yang tepat bisa anda lakukan tersebut di bawah ini :

  • Media tanam perlu disiapkan yang sebelumnya sudah dicampur oleh bahan – bahan organik seperti pupuk kandang.
  • Aplikasikan cocopeat yang dicampur dengan cocofiber berupa tanah basah seperti tanah liat dengan pasir dengan masing – masing komposisi perbandingan adalah 1 : 1 : 1.
  • Manfaatkan pot – pot berukuran sedang atau polybag lalu diisi dengan media tanam sebanyak sepertiga bagian.

Cara stek Pohon Asam Jawa

Langkah ini dapat dilakukan untuk pemilihan dan persiapan pada dahan atau batang. Pemilihan dan persiapan yang akan dilakukan meliputi :

  • Mengumpulkan bibit unggul dari pohon yang berkualitas yaitu proses buahnya cepat. Carilah yang berumur lima tahun lebih.
  • Pilihlah dahan yang proses berbuahnya cepat atau mudah berbuah.
  • Selanjutnya potonglah dengan gergaji.
  • Bersihkan / ratakan hasil potongan gergaji dengan memakai pisau baru dan hilangkan daun – daunnya guna mengurai penguapan menjadi lebih cepat proses terjadinya.
  • Bersihkan kulit dahan dari bawah menuju ke atas berukuran kira – kira lima hingga tujuh cm. Ini bermanfaat agar akar tidak tumbuh banyak hanya pada sisi bawah saja namun seimbang menuju ke arah atas. Akar yang banyak sangat diperlukan agar bisa menopang tanaman jika sudah besar.

Cara stek Asam Jawa

1. Aplikasikan perangsang akar

  • Agar hasil stek bisa dengan mudah tumbuh maka gunakan perangsang akar. Anda bisa memilih salah satu jenis pupuk yang memiliki fungsi untuk mempercepat pertumbuhan akar. Sesuai dengan namanya, perangsang ini berfungsi untuk menstimulasi atau mempercepat pertumbuhan akar dan juga sebagai anti bakteri dan anti jamur sehingga akar tidak mudah membusuk.
  • Perhatikan produk – produk perangsang akar yang sesuai karena saat ini ada banyak sekali produk perangsang akar yang tersedia di toko – toko obat.
  • Jika anda memilih perangsang akar berbentuk serbuk maka tuangkan serbuk secukupnya saja lalu dicampur dengan air sehingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke seluruh bagian bawah yang sudah dibersihkan tadi dan tunggu hingga mengering.

2. Tahapan untuk melihat hasil stek siap ditanam

Tahapan akhir adalah melakukan penanaman hasil stek ke media tanam yang biasanya dilakukan saat pasta perangsang akar sudah mulai mengering.

  • Masing – masing hasil stek ditancapkan ke media tanam dan jaga kerapatan agar pertumbuhan akar kuat. Pastikan agar penanaman tetap dalam kondisi stabil sehingga pertumbuhan akar tidak mudah terganggu.
  • Setelah selesai maka letakkan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari.
  • Tiga minggu kemudian anda sudah dapat memindahkan bibit unggul bersangkutan keluar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang cara stek Pohon Asam Jawa, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca juga : Keuntungan Bioteknologi bagi Pertanian

Tinggalkan komentar