Dampak Negatif dan Positif Mengikuti Kontes SEO bagi Blog Kita

Dampak Negatif dan Positif Mengikuti Kontes SEO bagi Blog Kita

Dampak Negatif dan Positif Mengikuti Kontes SEO – Bagi kalian yang sudah lama terjun dalam dunia blogger, tentu tidaklah asing dengan kata SEO atau bahkan mungkin pernah mengikuti lomba atau kontes SEO dari suatu penyelenggara tertentu?

Kontes SEO sendiri merupakan sebuah perlombaan yang mana memiliki tujuan agar website penyelenggara memiliki banyak backlink dari berbagai situs blog yang mendaftar menjadi pesertanya dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dengan begitu situs website penyelenggara akan semakin baik di mata mesin pencari google.

Tentunya akan ada imbalan bagi mereka yang juara dan postingannya menjadi nomor satu di mesin pencari, dapat berupa uang tunai ataupun bentuk lainnya.

Dalam mengikuti kontes SEO ini perlu diperhatikan bahwa ada dampak negatif dan positif bagi blog kita pribadi, diantaranya:

Dampak Positif Kontes SEO :

  • Dengan mengikuti kontes, kita akan terpacu untuk melakukan optimasi blog atau artikel yang kita tulis. Kita akan terpacu untuk mau belajar dan mendalami mengenai teknik SEO yang dapat kita optimalkan pada blog pribadi kita.
  • Kita akan menjadi rajin dan lebih sering membuat backlink dengan cara menjalin silaturahmi dengan para blogger lainnya (blogwalkin), tentunya juga akan tumbuh rasa solidaritas dengan sesame blogger lain, karena akan saling mendukung satu dan yang lainnya.
  • Kita juga akan lebih cermat dalam membuat sebuah artikel atau postingan, karena dengan mengikuti kontes SEO kita jadi belajar untuk tahu sejauh mana dan seberapa bagusnya artikel yang kita buat.

Dampak Negatif Kontes SEO :

  • Dengan adanya kontes SEO ini juga dapat menimbulkan persaingan tidak sehat diantara para blogger.
  • Banyaknya spam karena fokus membuat backlink diberbagai tempat tanpa adanya kesesuaian dengan domain utama kita.
  • Blog menjadi kurang terurus karena hanya fokus pada artikel yang dikonteskan atau hanya fokus membuat artikel yang tidak sesuai dengan tema blog yang kita miliki.
  • Blog terkesan tidak berkualitas dan murahan. Alih-alih memiliki artikel yang bermanfaat dan memberi banyak info, justru hanya terdapat artikel-artikel yang dibuat hanya untuk dilombakan.
  • Melanggar kebijakan google webmaster. Kontes SEO ini sebenarnya dilarang dan bisa jadi malah blog kita masuk ke dalam sandbox google dan hilang secara permanen di pencarian padahal hadiah yang diberikan belum tentu setimpal dengan usaha kita yang sudah membangun blog tersebut secara lama.

Baca Juga : Manfaat Sitelink Pada Blog

Tinggalkan komentar