Karakteristik Udang Harimau

Karakteristik Udang Harimau

Karakteristik Udang Harimau – Selain udang biasa, juga ada jenis udang yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Namanya adalah udang windu atau udang harimau. Bahkan, dibandingkan udang kebanyakan, jenis ini yang bisa mendatangkan penghasilan lebih besar.

1. Kepala dan Dada

Klasifikasi udang harimau yang pertama ialah kepala dan dadanya. Semua udang ini, memiliki pelindung kulit kepala dan dada yang disebut chitin. Ukurannya tebal dan cukup keras.

2. Jenis dan Ukuran

Dari yang pernah ditemukan, udang harimau terdiri dari dua jenis yang disebut Udang Krasak dan Hugo Pencet. Namun, yang paling sering dibudidayakan ialah udang Penaeus Monodun atau Udang Hago Pencet.

Udang jenis ini bisa tumbuh dengan ukuran tubuh cukup besar. Bahkan ada yang mencapai 34 cm dengan ukuran berat 250 gram. Karena itu, udang harimau dianggap udang terbesar setelah lobster.

3. Morfologis

Udang harimau memiliki rostrum dengan jumlah tertentu. Untuk bagian gigi atas, terdapat 7 buah. Sedangkan di bagian bawahnya hanya ada 3. Maka dari itu, di dalam ilmu biota laut, rumus ini dikenal dengan istilah rostrum 7/3.

Sedangkan warna udang kehitaman dengan tekstur kulit sama seperti udang jenis lain yaitu keras dan tebal. Jika dilihat lebih teliti, terlihat ada garis serupa loreng di tubuhnya yang berwarna hijau tua.

4. Habitat

Hewan ini lebih senang hidup di perairan dalam bahkan di dasar laut. Namun, jika ingin bertelur, dia akan bergerak ke wilayah yang lebih dangkal. Bahkan, larva-nya sering ditemukan di wilayah pantai.

5. Cara Makan

Udang harimau adalah pemakan segala. Bahkan hewan ini memiliki sifat kanibalisme. Maka dari itu, pastikan jika dibudidayakan di tambak, makanan harus tersedia. Jika tidak, dia akan memakan udang lainnya yang kebetulan sedang berganti kulit.

Baca Juga :

Siang hari adalah waktu udang untuk beristirahat. Hewan ini akan masuk ke dalam lumpur, atau menempel pada ranting pohon air. Sedangkan malam hari, merupakan waktu udang untuk mencari makanan.

Udang harimau adalah jenis udang yang cukup populer dan menguntungkan. Maka dari itu, tidak mengapa jika Anda membudidayakannya.

Tinggalkan komentar