Keuntungan Bioteknologi bagi Pertanian

Keuntungan Bioteknologi bagi Pertanian

Keuntungan Bioteknologi bagi Pertanian – Pernah mendengar istilah bioteknologi? Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbagai terobosan di bidang pertanian juga turut berkembang.

Bioteknologi adalah kemampuan mengubah susunan genetik makhluk hidup untuk membuat produk unggul. Melalui bioteknologi dapat dihasilkan tanaman yang memiliki sifat-sifat baik yang menguntungkan bagi pertanian, hal inilah mengapa Bioteknologi memiliki peran penting bagi dunia pertanian.

Keuntungan Bioteknologi bagi Pertanian

Kemampuan Bioteknologi telah membantu para ilmuwan mengembangkan aplikasi yang berguna di bidang pertanian dan ilmu makanan.

Termasuk pengembangan tanaman transgenik, tanaman dengan gen pilihan yang membawa sifat menguntungkan. Sifat-sifat menguntungkan yang dimaksud adalah tanaman dengan hasil yang tinggi. Tanaman yang mampu meningkatkan tenakan resistensi tanaman terhadap tekanan lingkungan.

Tanaman dengan kualiras gizi yang tinggi. Tanaman dengan kualitas rasa, tekstur dan penampilan yang baik. Dan tanaman yang mampu mengurangi ketergantungan pada pupuk, insektisida, dan bahan kimia lain.

Disinilah pentingnya bioteknologi untuk mengatasi masalah pertanian yang selama ini terjadi. Misalnya ada tanaman dengan kualitas bagus namun tidak dapat hidup dengan baik pada cuaca tertentu.

Maka bioteknologi berperan untuk mencari solusi yakni dengan mengembangkan tanaman yang mampu bertahan dalam kondisi keras.

Dengan bioteknologi memungkinkan pengembangan tanaman mengandung gen yang akan membantu mereka untuk menahan kondisi yang keras.

Dengan bioteknologi perkembangan tanaman dapat lebih cepat dan memungkinkan untuk hidup di lingkungan yang sebelumnya dianggap tidak cocok.

Dengan cara mempelajari berbagai gen yang terkandung dalam setiap tanaman dan mengambil gen baik untuk ditransfer atau ditanamkan pada tanaman yang lebih menguntungkan atau dibutuhkan untuk dibudidayakan.

Sebagai contoh produk bioteknologi yang sedang adalah tanaman Selada Thale, spesies Arabidopsis atau Arabidopsis thaliana.

Para ilmuan sudah memetahan DNA tumbuhan dan mengindentifikasi memiliki sifat yang kuat menahan tekanan lingkungan. Gen ini nantinya dapat ditransfer pada tanaman menguntungkan seperti tomat dan temabakau.

Jadi pentingnya bioteknologi untuk pertanian sangat penting sebagai jalan menghasilkan jenis tanaman untuk masa depan. Terlebih kian kemari hama penyakit tumbuhan juga semakin kuat.

Baca juga : Mengenal Struktur RNA

Tinggalkan komentar