Klasifikasi dan Ciri Bunga Mawar

Klasifikasi dan Ciri Bunga Mawar

Klasifikasi dan Ciri Bunga Mawar – Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang sangat terkenal. Jenis bunga yang satu ini dikenali oleh hampir semua orang, bahkan oleh mereka yang tidak menyukai bunga.

Bunga mawar merupakan bunga yang identik dengan perlambangan cinta. Bunga mawar sebenarnya berasal dari dataran CIna, Eropa Timur dan Timur Tengah, namun seiring berjalannya waktu bunga mawar semakin tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Selain terkenal dengan keindahannya, ternyata bunga mawar juga memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain adalah untuk menjaga kulit tetap bersih dan menawan.

Campuran bunga dan air bersih yang diratakan ke seluruh bagian kulit dapat membuat kulit terlihat lebih cerah. Manfaat lainnya adalah untuk menghilangkan jerawat.

Menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan cara mencapurkan air hangat dengan air yang terdapat pada bunga mawar.

Gunakan campuran air tersebut untuk membasuh wajah dan jerawat pun akan hilang. Selain dari manfaat kecantikan, bunga mawar juga memiliki manfaat medis untuk mengobati kaki bengkak.

Rebus 2-3 bunga mawar dalam 600 ml air yang telah diberi sedikit garam. Air tersebut dapat dikonsumsi 2x sehari untuk menghilangkan bengkak.

Setelah mengetahui berbagai manfaat bunga mawar, mari mempelajari lebih lanjut mengenai bunga mawar. Bunga mawar memiliki nama latin Rosa Hiproida atau Rosa sp., berikut adalah klasifikasi tanaman mawar secara lengkap:

  • Kingdom              : Plantae
  • Kelas                      : Dicotyledonae
  • Divisi                     : Spermatophyta
  • Sub Divisi             : Angiospermae
  • Famili                    : Rosaceae
  • Ordo                      : Rosanales
  • Genus                   : Rosa
  • Spesies                 : Rosa Hiproida atau Rosa sp.

Tanaman mawar memiliki bunga yang hampir bunga, dengan jumlah kelopaknya sebanyak 20-25 helai, bahkan lebih. Bunga mawar merupakan jenis bunga majemuk, dimana bunganya terkumpul pada suatu ruang.

Bunga mawar memiliki warna yang beragam seperti mewah, putih, kuning, dan lainnya. Daun pada tanaman mawar merpakan daun majemuk dengan jumlah daun pada satu cabang mencapai 5-9 helai.

Daun mawar memiliki Panjang sekitar 2-3 cm dengan pinggir daun bergerigi. Batang tanaman mawar memiliki bentuk tidak beraturan dan memanjang, dengan duri-duri tajang di sekitar batang.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Cabe Merah

Tinggalkan komentar