Pengertian dan Fungsi Perangkat HUB

Pengertian dan Fungsi Perangkat HUB – Perangkat HUB merupakan salah satu perangkat elektronik yang dikaitkan dengan penggunaan internet. Sebelumnya, pengertian HUB tersebut akan dibahas secara lengkap dalam ulasan pengertian dan fungsi perangkat HUB berikut ini.

Pengertian Perangkat HUB

Hub atau network hub merupakan perangkat yang menjadi penghubung antara komputer satu dan lainnya dalam sebuah sistem jaringan. Komputer yang terhubung tersebut memungkinkan adanya pertukaran informasi.

Hub memiliki port internet dalam jumlah yang banyak yang terhubung dalam jaringan LAN. Sehingga, kegiatan pertukaran informasi akan lebih mudah dilakukan dan berguna untuk menjaga efektivitas waktu dalam bekerja.

Pada umumnya, Hub dimanfaatkan sebagai pembangun jaringan topologi star. Tidak hanya sampai di situ, Hub digunakan sebagai penguat jaringan yang terhubung melalui kabel UTP.

Fungsi Perangkat HUB

HUB adalah salah satu jenis perangkat keras yang berperan sebagai penyalur koneksi antar satu komputer dan komputer lainnya.

Sebelum membahas fungsi hub, ada baiknya untuk membahas jenis-jenis hub terlebih dahulu.

  • Active Hub

Active hub merupakan proses transfer data yang didapat dari perangkat yang sama-sama terhubung pada satu hub. Sistem seperti ini terbilang aman dalam kegiatan transfer dan menerima data.

  • Passive Hub

Passive Hub merupakan kemampuan hub dalam mengirim dan menerima data yang terhubung dengan hub dari perangkat satu ke lainnya.

  • Intellingent Hub

Jeenis hub yang satu ini memiliki fungsi pelengkap yang berguna untuk memeriksa dan mengatur jalannya data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Tidak hanya sampai di situ, terdapat beberapa fungsi lain HUB di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Hub berfungsi sebagai penghilang atau penambah work station.
  • Memberi jarak jaringan secara tepat karena hub terhubung dengan
  • Penyedia fasilitas yang dinilai sangat fleksibel dan sudaah didukung oleh berbagai jenis interface.
  • Sebagai transmisi jaringan antara komputer satu dengan komputer lainnya.
  • Hub merupakan jaringan yang sangat sederhana yang mampu menghubungkan komputer yang berada dalam satu ruang lingkup.
  • Bertoleransi terhadap kerusakan dan isolasi.

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian dan perangkat HUB di mana hub merupakan jaringan ethernet yang berfungsi sebagai penghubung antar satu perangkat dengan peraangkat lainnya.

Tinggalkan komentar