Pengertian dan Hasil Akomodasi

Pengertian dan Hasil Akomodasi

Pengertian dan Hasil Akomodasi – Kata akomodasi sering kita dengar ketika kita sedang menghadiri rapat pembahasan acara atau kegiatan disekolah atau di desa, sering dengar kata ada biaya akomodasi untuk kegiatan ini dan itu.tidak hanya itu saja karena istilah akomodasi cukup unik dan bisa disematkan pada dinamika kehidupan sosial, psikologi, teori konflik hingga penginapan dan pariwisata.

Dari uraian tersebut apa sih sebenarnya pengertian dari akomodasi, akomodasia adalah sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan. Itu secara umumnya.

Ditinjau dari segi ilmu yang lain yakni :

  • Biologi yaitu penyesuaian mata untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang berbeda.
  • Sosiologi yaitu penyesuaian sosial dalam interaksi antara seseorang pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan
  • Antropologi yaitu penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan interaksi ketegangan dan konflik
  • Pelayaran yaitu kamar atau ruang tempat tinggal awak kapal atau penumpang kapal
  • Ilmu Pariwisata yaitu penyesuaian perangkat wisata demi menambah kenyamanan para wisatawan

Baca Juga : Contoh Efek Rumah Kaca

Hasil Akomodasi

Hasil akomodasi merupakan perubahan-perubahan tindakan manusia ketika tujuan akomodasi telah diberikan secara penuh dengan seksama dan sesuai sasaran.

  1. Interaksi sosial kembali normal dan harmonis, karena menurut ilmu sosial akomodasi adalah suatu cara atau solusi untuk mengatasi masalah-masalah sosial sehingga jika akomodasi terpenuhi maka hubungan interaksi sosial akan kembali normal.
  2. Keadilan hak personal merata, karena salah satu tujuan akomodasi adalah menjaga keamanan dan ketenangan personal sebagai haknya yang hakiki
  3. Pandangan positif rakyat terhadap pemerintahan, yakni ditinjau dari bentuk-bentuk akomodasi yakni bentuk ajudikasi yakni suatu proses penyelesaian masalah di meja hijau yang melibatkan pemerintahan dalam hal ini hakim, jaksa dan lain-lain.
  4. Jiwa manusia terpuaskan dan haknya terpenuhi karena tujuan akomodasi yakni menjamin keadilan ha kantar sesama
  5. Bersedia melaksanakan kewajiban-kewajuban
  6. Masyarakat lebih tenang ketika berhadapan dengan konflik
  7. Konflik dan kesemrawutan bisa diminimalkan karena tujuan utama akomodasi adalah mencegah terjadinya konflik yang lebih besar.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Perangkat HUB

Tinggalkan komentar