Pengertian dan Jenis Awan

Pengertian dan Jenis Awan

Pengertian dan Jenis Awan – Awan adalah suatu gumpalan uap air yang terbentuk oleh adanya siklus daur air (siklus hidrologi) yang terjadi secara terus menerus.

Adanya proses penguapan air menuju atmosfer yang disebabkan oleh adanya panas bumi dan pancaran sinar matahari. Kemudian, terjadilah proses pengembunan dan pemadatan uap air yang bergabung menjadi satu pada ketinggian tertentu dan kemudian membentuk awan.

Baca Juga : Proses Siklus Air

Jenis-Jenis Awan

Dari berbagai bentuk awan yang ada di langit, Komisi Cuaca dan Langit Internasional pada tahun 1894 telah menyepakati pembagian jenis-jenis awan tersebut.

Adapun pegklasifikasian jenis-jenis awan dapat dilihat dari beberapa hal, yakni :

Jenis awan berdasarkan bentuknya

Menurut para ahli, pembagian jenis awan berdasarkan bentuknya ini terbagi menjadi 3 macam, yaitu :

  1. Awan Cumulus : Merupakan jenis awan pertama yang sering terlihat langit saat kondisi cerah. Awan cumulus berbentuk seperti gumpalan kapas yang menghampar secara horizontal.
  2. Awan Stratus : Merupakan jenis awan yang memiliki bentuk seperti karet, hal ini dikarenakan awan stratus menghampar ke segala penjuru dengan memiliki bentuk yang hampir sama satu sama lain.
  3. Awan Sirrus : Merupakan jenis awan yang tenang dan diam. Awan sirrus memiliki serat antara satu bagian dengan bagian lainnya.

Jenis Awan berdasarkan Ketinggiannya

Adapun pengklasifikasian jenis awan berdarasrkan ketinggiannya dibagi menjadi 3 jenis, meliputi Awan Tinggi, Awan Sedang dan Awan Rendah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penjelasan jenis awan berdasarkan ketinggiannya dapat dilihat pada poin-poin berikut ini :

1). Jenis Awan Tinggi

Awan tinggi biasanya terdapat pada ketinggian antara 6km-12km dpl. Awan jenis ini selalu terdiri dari kristal-kristal es dikarenakan ketinggiannya. Adapun jenis-jenis awan yang tergolong awan tinggi, yaitu:

  • Awan Cirrus
  • Awan Ciro Stratus
  • Awan Ciro Cumulus

2). Jenis Awan Sedang/Menengah

Jenis awan yang kedua adalah awan menengah yang biasanya terdapat pada ketinggian antara 3-6km dpl. Adapun jenis-jenis awan yang termasuk golongan awan menengah ialah :

  • Awan Alto Cumulus
  • Awan Alto Stratus

3). Jenis Awan Rendah

Jenis awan yang terakhir adalah awan rendah yang ketinggiannya kurang dari 3Km dpl. Adapun jenis awan yang tergolong awan rendah yakni :

  • Awan Strato Cumulus
  • Awan Stratus
  • Awan Nimbo Stratus

Baca Juga : Dampak dan Contoh Efek Rumah Kaca

Tinggalkan komentar