Pengertian dan Manfaat Sitelink Pada Blog

Pengertian dan Manfaat Sitelink Pada Blog

Pengertian dan Manfaat Sitelink Pada Blog – Berbicara tentang sitelink, mungkin bagi sebagian orang terdengar asing, namun bagi beberapa orang yang telah lama menekuni dunia blog, tentu pastilah paham dan tahu apa itu sitelink.

Ketika kita mencari suatu blog dalam mesin pencari google, mungkin sering kita jumpai beberapa link yang terpaut ke blog yang kita cari tersebut, yang berada dibagian bawah blog tersebut.

Sitelink ini berupa kumpulan link yang sebenarnya mengarahkan kita untuk masuk ke blog yang kita tuju juga, namun dengan kata tertentu, yang tujuannya memudahkan kita untuk mengakses menu tertentu dari blog yang ingin kita tuju.

Nah beberapa tautan link tersebutlah yang dinamakan sitelink dari suatu blog. Sebagai contohnya ketika kita mengakses website suatu perusahaan tertentu, sering kita temui ketika web perusahaan tersebut muncul dalam pencarian teratas mesin pencari, kita sering menemukan link atau tautan link yang mengacu ke website tersebut namun langsung ke menu tertentu seperti login, atau careers, sehingga kita tidak harus membuka website tersebut terlebih dahulu lalu kemudian mencari menunya, karena pada sitelink sudah diarahkan untuk langsung masuk ke menu tersebut. Adanya sitelink ini tentunya membawa manfaat tersendiri bagi suatu blog, berikut Manfaat sitelink :

  1. Memudahkan pencarian. Seperti yang telah dijelaskan, dengan adanya sitelink, ini akan memudahkan para pencari untuk mengakses menu tertentu, tanpa harus membuka website pada tampilan utama kemudian mencari menu yang ingin diakses.
  2. Adanya sitelink ini mengindikasikan kualitas suatu blog. Salah satu anggapan bahwa sebuah blog itu memiliki kualitas atau kelebihan tersendiri adalah dengan adanya sitelink yang diberikan google pada blog tersebut. Tentunya ini juga akan berpengaruh pada kepercayaan pengunjung dan dapat meningkatkan traffic pengunjung blog tersebut.
  3. Blog berada diurutan pertama mesin pencari. Tidak semua blog memiliki sitelink, namun blog yang memiliki sitelink pastilah berada pada urutan teratas dalam mesin pencari. Karena dalam membuat sitelink, ini merupakan salah syarat yang harus dipenuhi. Yang mana juga menandakan bahwa blog kita berkualitas dan menjadi yang paling teratas direkomendasikan oleh google.

Tinggalkan komentar