Pengertian Filsafat Adalah

Pengertian Filsafat Adalah – Filsafat Adalah kata yang berasal dari Bahasa Yunani yaitu philosophia yang berarti pecinta kebijaksanaan.

Pertama kali dicetuskan oleh Pythagoras, istilah filsafat merujuk  pada sebuah studi mengenai berbagai persoalan seperti eksistensi, nilai, bahasa, dan pengetahuan.

Studi filsafat dipelajari dengan mendalami penyebab suatu fenomena terjadi kemudian berusaha menjelaskan fenomena tersebut secara teoritis dan mendasar.

Metode yang digunakan dalam studi ini umumnya adalah berdiskusi kirtikal, dialektik, dan presentasi yang sistematis. Orang-orang yang mempelajari filsafat disebut sebagai filsuf dan telah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Pada dasarnya, filsafat mengacu pada ibu dari segala pengetahuan. Agama, matematika, pengetahuan alam, politik, dan pendidikan merupakan bagian dari filsafat sebagi cabang-cabang filsafat.

Pada zaman klasik, filsafat dibagi menjadi tiga cabang utama, yaitu: filsafat alam, filsafat moral, dan filsafat metafisikal.

Filsafat alam, lebih dikenal sebagai fisika, mempelajari tentang dunia fisik yang ada. Filsafat moral, sering disebut juga etika, mempelajari tentang kebaikan, nilai benar dan salah, keindahan, keadilan, dan kebajikan. Filsafat moral secara umum berfokus mempelajari pada kebiasan-kebiasan yang dimiliki dan dilakukan manusia.

Terakhir adalah filsafat metafisikal atau logika, dimana filsafat ini mempelajari mengenai eksistensi, hubungan sebab akibat, Tuhan logika, dan objek lain yang abstrak. Secara garis besar, filsafat metafisikal mempelajari mengenai apa yang terjadi setelah fisika atau apa yang terjadi setelah dunia fisik.

Cabang utama dari filsafat klasik kemudian terus berkembang hingga saat ini. Astronomi, fisika, kimia, dan biologi merupakan pengembangan dari filsafat fisik.

Ilmu-ilmu social, seperti etika, estetika, dan politik merupakan pengembangan dari filsadat moral. Filsadata metafisikal kemudian berkembang juga menjadi logika, matematika, dan filsafat lain. Meskipun begitu, kemajuan filosofis hingga saat ini masih menjadi perdebatan.

Berdasarkan perkembangan sejarahnya, filsafat berkembang diberbagai belahan dunia. Adapun filsafat-filsafat tersebut berdasarkan negara dibagi menjadi filsafat barat, filsafat timur tengah, filsadat India, filsafat Buddhis, filsafat Asia Timur, filsafat Afrika, dan filosofi penduduk Amerika asli. Filsafat-filsafat tersebut memiliki berbagai macam ciri dan perbedaan tergantung tempat perkembangannya.

Tinggalkan komentar