Pengertian dan Contoh Identitas Nasional

Pengertian dan Contoh Identitas Nasional – Yang dibanggakan rakyat atas bangsanya ialah adanya identitas nasional yang berdaulat. Maka dari itu, mereka masih bisa membusungkan dada di antara masyarakat negara lain yang saling bersaing menunjukkan identitas masing-masing.

Pengertian Identitas Nasional

Menurut teori sosial, identitas adalah deskripsi tentang ciri khas yang dimiliki seseorang maupun kelompok. Artinya, individu memiliki identitas yang disebut identitas pribadi, sedangkan identitas kelompok juga ada yang disebut identitas kelompok.

Dari argumentasi di atas, bisa ditarik kesimpulan pengertian identitas nasional adalah deskripsi tentang ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa yang fungsinya sebagai pembeda dari bangsa lain.

Contoh Identitas Nasional Indonesia

Negara Indonesia juga memiliki identitas nasional. Berikut ini kami list contoh identitas nasional yaitu:

1. Pancasila

Pancasila merupakan identitas terpenting bangsa Indonesia. Karena regulasi yang ada di dalamnya mewakili jati diri rakyat Indonesia secara keseluruhan. Maka dari itu, siapa pun yang melanggar butir-butir pancasila, tidak layak menjadi rakyat Indonesia.

2. UUD 1945

Identitas Indonesia yang membedakannya dengan negara lain adalah adanya UUD 1945. Di sini berbagai falsafah negara hingga tata kelola konstitusi hukum dijelaskan dengan detail. Bahkan, segala norma, regulasi beserta penyimpangannya juga diatur dengan jelas.

3. Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan identitas nasional. Dengannya, rakyat di daerah yang satu, masih bisa berkomunikasi dengan rakyat di daerah lain sekalipun beda bahasa ibu (bahasa daerah). Maka dari itu, bahasa Indonesia juga disebut bahasa persatuan.

4. Bendera Merah Putih

Negara Indonesia memiliki bendera berbeda dengan negara lain. Warnanya adalah merah dan putih. Falsafah dari bendera ini adalah berani dan suci. Artinya rakyat Indonesia harus memiliki keberanian di dalam melakukan kebaikan.

5. Lagu Indonesia Raya

Lagu Indonesia Raya sudah menjadi kebanggaan rakyat. Bahkan, di setiap even dunia, senandung ciptaan WR Supratman ini senantiasa dikumandangkan.

Sesungguhnya, masih banyak identitas nasional NKRI lainnya. Namun, rilis di atas merupakan identitas kunci yang harus diketahui oleh rakyat. Artinya, jika masyarakat tidak merasa memiliki identitas ini, berarti jiwa patriotisme-nya patut dipertanyakan.

Tinggalkan komentar