Pengertian Islam dalam Al-Quran

Pengertian Islam dalam Al-Quran

Pengertian Islam dalam Al-Quran – Masyarakat Indonesia mayoritas beragama islam. Namun, masih saja ada oknum yang berperilaku tidak sesuai dengan ajaran islam. Bahkan seenaknya saja mereka melakukan korupsi, membunuh, mengkonsumsi narkoba yang jelas-jelas bertentangan dengan ajaran agama.

Tidak bisa dipungkiri, hal ini diakibatkan oleh belum merasuknya syariat islam di dalam hati umat muslim. Apalagi, sebagian besar muslimin di Indonesia didapatkan dari keturunan yang tentunya ajaran agamanya cukup dangkal. Bukan tidak mungkin pula, pengertian islam sendiri, tidak mereka pahami.

Pengertian Islam Menurut Alquran dan Hadis

Arti Islam Menurut Alquran

Pengertian islam secara kaffah banyak dijelaskan di dalam Al Quran. Namun, berikut ini, kami nukil 3 ayat saja, yang berhubungan dengan hal tersebut, yaitu:

 “Dan jika mereka condong kepada perdamaian, Maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (QS. Al-Anfal:61).

 “Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih” (QS. Asy-Syu ‘ ara:89 ).

 “Berkata Ibrahim: “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku” (QS. Maryam:47).

Dari narasi di atas, pengertian islam bisa dijelaskan sebagai agama yang bertitik tumpu pada tiga hal yaitu kedamaian, kesucian dan keselamatan.

Arti Islam Menurut Hadist Rasulullah Saw

Pengertian islam juga dijelaskan oleh Rasulullah SAW melalui hadis shohih. Berikut kami kutip sabda beliau yang diriwayatkan oleh Muslim, yaitu:

Rasulullah bersabda, “Islam itu ialah mengakui tiada tuhan melainkan Allah dan bahwasanya Nabi Muhammad itu utusan Allah, kemudian mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa bulan Ramadan, serta menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.

Rasulullah Saw bersabda

“Iman itu adalah yakin dan percaya kepada Allah, kepada malaikat-Nya, dan segala kitab-Nya, dan para Rasul-Nya, serta beriman kepada takdir-Nya”.

Rasullullah bersabda

“ihsan adalah menyembah Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, tetapi jika engkau tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Ia melihat engkau”.

Pengertian islam menurut hadis di atas melengkapi ayat umum dalam Al Quran. Diharapkan dengan perpaduan ini, pemahaman tentang arti islam lebih utuh. Sehingga pola beragama masyarakat muslim utamanya di Indonesia menjadi lebih baik.

Demikianlah pengertian islam menurut Al Quran dan hadis nabi. Semoga dari makna ini, kita lebih tergerak untuk mempelajari islam secara utuh serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar