Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Negara Menurut Para Ahli – Apakah kita tahu pengertian dari negara? Kita tentu sudah tahu bahwa negara di bumi ini sangatlah banyak namun apa kita tahu apa pengertian serta definisi dari negara, apakah hanya ketika memiliki sebuah pemerintahan, masyarakat, bisa dikatakan sebagai sebuah negara? Pengertian serta definisi negara sendiri bisa diartikan luas.

Secara definisi sendiri negara bukan hanya tempat yang ditinggali, karena ada hal lain yang termuat daripada definisi tersebut. Selain itu juga sebuah negara memiliki sebuah fungsi dan tujuan misalnya menciptakan sebuah rasa nyaman bagi masyarakat yang tinggal di negara tersebut.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa di bumi ini banyak sekali negara-negara dan sekarang kita tinggal di negara Indonesia, adapun negara lain seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Arab Saudi, Amerika serikat, Rusia, Swiss dan masih banyak negara lainnya.

Adapun pengertian negara secara umum adalah sekumpulan orang-orang yang tinggal di tempat tertentu yang diorganisasi oleh pemerintahan yang sah, dan umumnya memiliki sebuah kedaulatan. Sedangkan menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) pengertian negara adalah organisasi dalam suatu wilayah yang sah yang kemudian akan ditaati oleh masyarakat tersebut.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

  • Karl Max

Adalah alat kelas untuk menindas dan mengeksploitasi kelas yang lainnya.

  • John Locke

Pengertian negara menurut John locke adalah sebuah badan atau organisasi hasil dari perjanjian yang diputuskan oleh masyarakat.

  • Ibnu Chaldun

Adapun definisi negara menurut Ibnu Khaldun, adalah sekumpulan masyarakat yang mempunyai kekuasaan dan kewibawaan.

  • Mr. Soenarko

Beliau berpendapat bahwa negara adalah sebuah organisasi masyarakat yang memiliki wilayah tertentu di mana kekuasaan negara tersebut sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.

  • Logeman

Beliau berpendapat bahwa negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan untuk mengatur dan mengurusi masyarakat tersebut.

  • Aristoteles

Beliau berpendapat bahwa negara adalah sebuah persekutuan antara desa dan masyarakat untuk mencapai kehidupan yang baik.

  • Plato

Sedangkan Plato berpendapat bahwa Negara adalah suatu organisasi kekuasaan manusia untuk mencapai tujuan secara bersama.

Nah itu tadi adalah pengertian serta definisi menurut para ahli, masih banyak sebenarnya pengertian pengertian yang dikemukakan oleh para tokoh-tokoh yang ada di dunia, semoga artikel ini bisa membantu, jangan lupa untuk share kepada orang lain, terima kasih.

Baca : Pengertian Identitas Nasional

Tinggalkan komentar