Pengertian Segmentasi Pasar Adalah

Pengertian Segmentasi Pasar Adalah

Pengertian Segmentasi Pasar Adalah – Tentu sebagian banyak dari kita sudah pernah mendengar segmentasi pasar. Segmentasi pasar biasanya ditemukan dalam strategi pasar.

Apakah kalian pernah mendengar Segmentasi Pasar? Dan belum tahu pengertian dan maksud Segmentasi Pasar? Mari kita bahas.

Segmentasi pasar adalah salah aktivitas penting yang begitu perlu dipahami dalam ilmu ekonomi, khususnya dalam bidang pemasaran.

Karena melewati segmentasi pasar, strategi pasar akan menjadi lebih sukses.  Atau lebih dijelaskan segmentasi pasar adalah pembagian pemakai barang atau jasa yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan tertentu.

Yang juga diselaraskan dengan perilaku dari pemakai barang yang berhubungan dengan suatu produk di pasar. Salah satu tujuan segmentasi pasar antara lain agar penjualan produk lebih tertarget pada kelompok tertentu.

Segmentasi pasar digunakan sebagai salah satu strategi perusahaan tidak semata-mata dilakukan dengan cara menciptakan produk baru (product diversification) atau membedakan produk, akan tetapi berdasarkan atas perbedaan minat serta kebutuhan konsumen itu sendiri. Dengan demikian yang semula pasar bersifat satu dan luas, maka kemudian disegmentasi atau dibagi oleh pemasar menjadi bagian pasar yang bersifat homogen.

Dasar-dasar segmentasi pasar ditentukan dengan beberapa hal, yaitu mulai dari kondisi demografi, letak geografis, tingkah laku hingga hal-hal lainnya. Variabel yang digunakan pun harus memenuhi kriteria tertentu, misalnya seperti harus apat diukur dan dapat dibedakan satu dengan yang lain.

Segmentasi pasar menjadi bagian dan falafah pemasaran produk yang beragumentasi pada para konsumen atau para pembelinya. Segmentasi pasar yang dilakukan dengan perusahaan ini sangat berperan penting dalam upaya meningkatkan pemasaran produk secara terarah. selain itu, sumber daya yang dimiliki perusahaan tersebut dapat dipergunakan secara lebih efektif dan efisien.

Dengan melalkukan segmentasi pasar, maka tentunya perusahaan akan mempermudah pasar. Yang artinya, satu perusahaan tentu saja tidak mungkin memenuhi kebutuhan seluruh konsumen, maka dari itu perusahaan akan cenderung memilih sekelompok konsumen dengan sifat yang homogen.

Karenanya, kelompok konsumen ini akan lebih mudah dipahami dan dipernuhi sesuai seleranya. Kemudian, pelayanan kepada pembeli akan menjadi lebih baik.

Misalnya dengan menjalankan kebutuhan pemakai barang yang selalu membutuhkan kualitas produk yang bagus, harga terjangkau hingga pelayanan yang baik serta memuaskan dan juga ketepatan waktu.

Tinggalkan komentar