Pengertian SOP

Pengertian SOPSOP adalah dokumentasi tentang bagaimana suatu proses bekerja. SOP sendiri berfungsi paling baik sebagai daftar langkah demi langkah dari prosedur yang dapat diikuti oleh siapa saja dengan sedikit pelatihan.

Beberapa perusahaan telah mengembangkan SOP karena berbagai alasan tertentu. Salah satu alasan tersebut adalah SOP sendiri bisa membantu mengurangi waktu pelatihan bagi para anggota tim baru. Berikan mereka SOP yang telah dibangun dengan baik, dan mereka akan memiliki awal yang cukup untuk bisa menyelesaikan tugas yang sudah ada.

Setelah semua pelatihan dan orientasi SDM selesai, SOP yang telah ditulis dengan baik dapat berfungsi sebagai titik pengantar pertama bagi anggota tim baru.

Salah satu alasan yang paling penting untuk menulis prosedur operasi standar adalah memastikan kesinambungan. Pernahkah anda bekerja dengan seseorang yang sangat penting bagi kesuksesan tim kkarena pengetahuan dan pengalaman mereka? Saya sendiri telah melihat orang seperti ini meninggalkan perusahaan berkali-kali, dan prosesnya rusak dan tidak dapat diselesaikan.

Tentu saja tidak ada yang bisa menggantikan talenta top dengan mudah. Tetapi SOP adalah lindung nilai yang baik yang bisa membantu memastikan bahwa tugas-tugas penting masih akan selesai bahkan jika anggota kunci mengubah peran mereka atau pergi untuk mencari peluang baru.

Bahkan ketika anggota tim berubah, SOP yang telah dibuat dengan baik akan memastikan bahwa karayawan lain dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

SOP sendiri juga bertindak sebagai perlindungan hukum penting bagi perusahaan. Faktanya adalah bahwa kami beroperasi di lingkungan litigasi yang sarat dengan tuntutan hukum. Memastikan bahwa proses kritis didokumentasikan dan ditinjau oleh karyawan dapat memberikan lapisan perlindungan bagi perusahaan.

Akan tetapi prosedur operasi standar tidak hanya untuk 500 perusahaan besar. Dalam praktik lepas saya, saya sendiri telah mengembangkan SOP yang telah banyak membantu saya untuk melakukan outsourcing bagian-bagian tertentu dari bisnis saya. Itu termasuk tugas-tugas yang saya tidak ingin lakukan, seperti mengirimkan faktur klien saya atau bahkan mengedit dokumen perusahaan untuk publikasi.

Jika anda tidak memiliki proses yang didokumentasikan, anda tidak akan memiliki proses. Anda memiliki beberapa langkah yang terkadang yang anda lakukan dengan sembarang. Prosedur operasi standar hanya itu standarisasi. Mereka dapat diserahkan kepada orang lain tanpa prosess mogok.

Tinggalkan komentar