Pengertian Sumber Daya Manusia(SDM)

Pengertian Sumber Daya Manusia(SDM)

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) – Setiap negara pasti memiliki sumber daya manusianya masing-masing, dalam hal itu banyak berbagai negara yang melakukan pembinaan serta memberikan sebuah pengetahuan kepada sumber dayanya masing-masing dengan tujuan agar nantinya sumber daya tersebut dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh negara tersebut, misalnya saja dalam bidang ekonomi, sosial, maupun pendidikan.

Maka dari itu setiap negara perlu mengelola dengan baik agar bakat dan kemampuannya bisa dimanfaatkan secara utuh untuk kepentingan negara, tentu dengan sebuah metode dan sistem yang efektif dan efisien.

Sumber daya manusia sendiri terdiri dari dua hal, yaitu Dayak fisik dan daya pikir yang kemudian nantinya akan menentukan kemampuan manusia.

Baca Juga : Pengertian Negara Maju

Dalam suatu aktivitas, manusia adalah ah paling utama, tidak peduli meskipun banyak peralatan canggih yang sudah bekerja secara instan, pada hakekatnya peralatan tersebut tidak bisa difungsikan secara maksimal tanpa dikelola oleh manusia. Mari simak pengertian sumber daya manusia menurut para ahli:

  • Mathis dan Jackson

Sumber daya manusia merupakan suatu rancangan berbagai sistem formal dalam perusahaan maupun organisasi yang berfungsi untuk menjaga agar penggunaan bakat dan minat manusia bisa digunakan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan tersebut secara efektif dan efisien.

  • Ermaya

Sumberdaya manusia menurut ermaya merupakan suatu faktor utama yang sangat urgent dalam tiap proses pembangunan negara, di dalam pembangunan ini sumber daya manusia dapat memberikan pengaruh yang bermanfaat sehingga harus diatur serta dijaga baik-baik. Peran yang dimiliki sumber daya manusia ada dua yaitu sebagai objek serta subjek dari proses pembangunan.

  • Abdurrahman Fathoni

Beliau mengartikan sumber daya manusia sebagai kekayaan atau modal suatu negara yang penting bagi negara tersebut sehingga bisa mencapai tujuan yang diinginkan, oleh karena itu diperlukan analisis pengembangan dengan metode yang sesuai serta memperhatikan beberapa unsur seperti waktu, kemampuan, dan daya yang dimiliki oleh tiap-tiap manusia.

  • Ghozali Sadam

Beliau berpendapat bahwa sumber daya manusia sebagai human resources yang merupakan sumber utama dalam proses kegiatan di lingkungan sekitar.

Nah itu saja mengenai pengertian dari sumber daya manusia, semoga bisa bermanfaat dan membantu, terima kasih.

Baca Juga : Manfaat Akuntansi

Tinggalkan komentar