Pengertian Wacana menurut para ahli

Pengertian Wacana menurut para ahliWacana merupakan sebuah rangkaian kalimat yang kemudian dapat saling terkait dan menghubungkan proposisi antara satu sama lain di dalam kesatuan makna antara bagian-bagian dalam struktur bahasa. Wacana adalah unit bahasa yang lengkap dan lengkap karena setiap bagian dari wacana terintegrasi erat. Wacana bisa dalam bentuk kalimat, paragraf atau esai.

Memahami wacana berdasarkan para ahli

  • Harimurti Kridalaksana

Menurut Harimurti Kridalaksana, Wacana adalah unit bahasa yang paling lengkap dan merupakan unit tata bahasa tertinggi atau terbesar dalam hierarki tata bahasa.

  • James Deese

Menurut ungkapan dari James Deese, Wacana merupakan seperangkat proposisi yang saling terkait atau berhubungan untuk menghasilkan rasa kohesi atau rasa kohesi bagi pendengar atau pembaca. Persatuan atau kohesi tersebut memang harusnya dapat muncul dari isi wacana, namun banyak rasa harmoni yang kemudian dapat dirasakan oleh pendengar atau pembaca harus muncul dari cara berbicara, yaitu berbicara wacana.

  • Fatimah Djajasudarma (1994: 1)

Berdasarkan dari ungkapan Fatimah Djajasudarma, Wacana merupakan serangkaian kalimat yang saling terkait, dan dapat terhubung pada suatu proposisi dengan proposisi lain, membentuk satu kesatuan, proposisi sebagai isi dari konsep yang masih keras yang akan memunculkan pernyataan atau pernyataan dalam bentuk wacana atau doa.

  • Henry Guntur Tarigan (1987: 27)

Sedangkan menurut Henry Guntur Tarigan, Wacana merupakan sebuah unit bahasa yang sangat lengkap, terlebih lagi lebih unggul jika dibandingkan klausa dan kalimat, mempunyai kohesi dan koherensi yang sangat baik, memiliki awal dan akhir yang jelas, berkelanjutan dan dapat diucapkan secara lisan dan tertulis.

  • G.N. Oka dan Suparno (1994: 31)

Menurut I.G.N. Oka dan Suparno, Wacana adalah unit bahasa yang memiliki mandat penuh.

  • Sumarlan dkk (2009: 15)

Menurut Sumarlan dkk, wacana adalah unit bahasa paling lengkap yang diekspresikan secara lisan, seperti ceramah, wacana, dialog dan khotbah atau secara tertulis, seperti novel, cerita, surat, buku dan dokumen tertulis dilihat dari struktur kelahiran atau dalam bentuk yang koheren, bentuk yang saling terkait dan karena struktur internal (dalam hal makna) terintegrasi secara koheren.

  • Hasan Alwi dan teman-temannya (2000: 41)

Menurut Hasan Alwi dan kawan-kawannya, Wacana adalah serangkaian kalimat terkait, sehingga makna yang harmonis terbentuk di antara kalimat tersebut. Dengan cara ini, serangkaian kalimat tidak bisa disebut wacana jika tidak ada harmoni makna, dan sebaliknya, jika serangkaian kalimat membentuk wacana karena seri akan membentuk makna yang terbentuk secara harmonis.

Demikian adalah pengertian wacana menurut para ahli yang bisa menjadi referensi anda semua.

Tinggalkan komentar