Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Suji

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Suji

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Daun Suji – Yang dimaksudkan dengan tanaman suji adalah salah satu jenis tanaman hias yang sering anda jumpai tumbuh dengan subur di sekitar anda tinggal. Tanaman daun suji biasanya dapat tumbuh dengan subur di pinggir – pinggir sungai, area persawahan, ladang, hutan, dan pekarangan rumah.

Nama latin dari tanaman daun suji adalah dracaena angustifolia mdik roxb sedangkan dalam Bahasa Inggris memiliki sebutan populer yaitu margined narrow, atau leaf pleomele.

Menurut sejarah asal mula tanaman ini dibudidayakan dalam skala besar, tanaman daun suji asalnya dari daerah Asia Tenggara yang mengalami penyebaran dari daerah Hainan, Taiwan, Bhutan, Kamboja, India, Kepulauan Andaman, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Papua Nugini, Filipina, Thailand, Vietnam, dan terakhir di Australia.

Ciri – ciri dari tanaman daun suji adalah memiliki daun yang kecil – kecil lancip berwarna hijau seperti pita anak perempuan kecil. Fungsi dan kegunaan tanaman suji bagi warga pedesaan adalah digunakan untuk tanaman hias dan pewarna makanan hijau alami. Juga berkhasiat untuk mengobati beragam macam penyakit yang ada di tubuh manusia.

Mengenal Klasifikasi Tanaman Suji

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Asparagales
  • Famili : Ruscaceae / Dracaenaceae
  • Genus : Dracaena
  • Spesies : Dracaena Angustifolia Medik Roxb

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Buah Naga

Mengenal Anatomi Dan Morfologi Tanaman Suji

Morfologi daun suji adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari keluarga tanaman ruscaceae yang mana tanaman suji ini termasuk ke dalam tanaman perdu tahunan. Tanaman ini tumbuh dengan tegak dengan batang bawah adalah batang rhizomatous yang dilengkapi dengan batang berukuran panjang sekitar 1 s/d 3 m, diameter batang tanaman suji sebesar 2 s/d 4 cm memiliki daun yang memanjang meruncing seperti pita dengan warna kehijauan berukuran panjang 15 s/d 22 cm dan lebar 2 s/d 4 cm dengan sistem pertulangan daun yang sejajar. Tanaman suji memiliki bunga yang bersifat malai atau bertandan dengan panjang tandan bunga sekitar 50 cm berbentuk bulat lonjong dengan warna hijau kekuningan dan bagian biji berwarna putih. Akar tanaman suji ini bersifat akar tunggang berwarna putih.

Adapun budidaya tanaman suji ini adalah berkembang dengan cara stek dan biji yang mana habitat tanaman suji ini adalah pada daerah – daerah berdekatan dengan sungai yang memiliki kondisi tanah subur dan lembab dengan sinar matahari yang cukup yaitu pada ketinggian tumbuh antara 0 sampai dengan 1000 mdpl.

Kandungan Dan Manfaat Dari Tanaman Suji

Belum jelas diketahui zat kimia apa saja yang terkandung di dalam daun suji namun tanaman daun suji ini mengandung zat warna hijau alami yang kental dengan mengeluarkan aroma wangi yang bagus dimanfaatkan untuk memperlezat dan mempercantik tampilan beberapa jensi masakan tertentu.

Sedangkan khasiatnya adalah untuk mengobati penyakit leukemia, menyembuhkan sakit asma dan sesak nafas, dan menambah nafsu makan.  Konsumsilah herbal tanaman suji ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Perbedaan Antara Daun Suji Dengan Daun Pandan

Berikut di bawah ini kami berikan perbedaan antara daun suji dengan daun pandan adalah sebagai berikut :

  1. Terletak pada panjang daun adalah daun pandan mempunyai panjang seperti pita, ada tulang daun di bagian tengah daun, tepi daun pandan bergerigi tajam sedangkan panjang daun suji tidak terlalu panjang dan pinggiran daun suji tidak tajam berduri atau bergerigi serta tidak ada tulang di bagian tengah daunnya.
  2. Terletak pada warna daun yaitu warna daun suji dan daun panndan sekilas pandang terlihat sama – sama hijau namun jika diperhatikan dengan seksama maka daun pandan memiliki warna hijau muda mengkilap seperti berlapis lilin sedangkan daun suji memiliki warna hijau tua dan mengkilap bersih.
  3. Terletak pada pemanfaatan daun adalah apabila anda ingin membuat aroma kue wangi maka gunakan daun pandan, namun jika ingin memberi warna hijau alami bercita rasa harum dank has pada kue maka bisa menggunakan daun suji,

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman daun suji, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Jambu Kristal

Tinggalkan komentar