Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ubi Kayu

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ubi Kayu – Yang dimaksudkan dengan pohon ubi kayu / manihot esculenta ini adalah lebih terkenal dengan sebutan singkong atau ketela pohon merupakan tanaman perdu yang bersifat tahunan tropika dan subtropika yang mana di desa – desa dikenal sebagai makanan pokok yang bermanfaat sebagai salah satu sumber zat karbohidrat nomer tiga di dunia setelah di dapat dari padi dan jagung. Seperti diketahui bahwa tanaman ubi kayu ini mengandung banyak kalori sehingga bagus difungsikan sebagai salah satu sumber karbohidrat yang bernilai gizi cukup.

Mengenal Klasifikasi Pada Tanaman Ubi Kayu 

Kingdom : plantae, divisi : magnoliophyta, kelas : magnoliopsida, ordo : malpighiales, famili : euporbiaceae, dari genus : manihot, dan spesies : manihot esculenta.

Mengenal Morfologi Pada Tanaman Ubi Kayu

Morfologi Akar Tanaman Ubi Kayu

Akar tanaman ini adalah bersifat akar tunggang yang termasuk ke dalam tumbuhan dikotil yang mana akar – akar inilah yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan nantinya akan tumbuh membesar sampai benar – benar membentuk umbi ubi kayu.

Morfologi Batang Pada Tanaman Ubu Kayu

Batang – batang dari pohon ubi kayu memiliki bentuk bulat dan memanjang, berkayu, berbuku – buku dan tumbuh dengan panjang batang tanaman bisa mencapai sekitar 2 s/d 3 cm sedangkan ukuran diameter terhadap batang bersangkutan tergantung jelas dari varietasnya masing – masing serta mempunyai warna batang kecoklatan dengan adanya tonjolan – tonjolan kecil pada bagian batang dan juga di dalam batang terdapat gabus yang agak kasat.

Morfologi Daun Pada Tanaman Ubi Kayu

Tanaman ubi kayu memiliki daun yang bersifat daun tunggal / folium simplek yang memiliki tulang – tulang daun menjari dan memiliki tepi daun berbentu rata / integer. Tanaman ubi kayu ini berdaun dengan disertai tangkai / petioles yang panjang dengan helaian daunnya menyerupai telapak tangan yang masing – masing tangkainya memiliki daun rata – rata 3 s/d 8 lembar. Di samping itu daun juga cenderung bersifat mudah luruh yang memiliki umur rata – rata paling lama beberapa bulan saja. Daun ubi kayu memiliki warna hijau muda ketika masih muda dan akan berubah menjadi hijau tua ketika sudah berusia dewasa yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran meskipun rasanya agak pahit namun jika sudah dicampur bahan – bahan masakan lainnya maka akan menghasilkan satu masakan yang lezat dan mengandung nilai gizi tinggi.

Morfologi Bunga Pada Tanaman Ubi Kayu

Tanaman ubi kayu memiliki bunga yang bersifat bunga berumah satu / monoeseus dengan adanya rangkaian proses penyerbukan silang di dalamnya. Bunga – bunga ini menyimpan tenda yang bersifat bunga tunggal berukuran sekitar 1 cm berada di dalam tandan yang tidak terkunci terlalu rapat dan berkumpul bergerombol pada ujung batang. Bunga betina di dalam batang tanaman ubi kayu berbentuk menyerupai cincin dengan tangkai putik / stylus yang rangkaian proses sedang terjadi selalu dalam kondisi bersatu. Bunga betina mempunyai tenda bunga berbentuk tonjolan seperti penebalan dasar bunga / recetaculum yang memiliki warna kuning memagari calon buah. Sedangkan yang terjadi pada bunga jantan adalah menyimpan tenda bunga yang memiliki bentuk seperti lonceng tertancap di sekitar penebalan dasar bynga yang bentuknya berlekuk – lekuk.

Morfologi Buah Pada Tanaman Ubi Kayu

Tanaman umbi kayu memiliki buah yang diber nama umni yang mana umbi ini asal mulanya terbentuk dari akar yang lama – kelamaan ubah bentuk dan fungsi menjadi semacam buah untuk media menyimpan makanan – makanan cadangan. Bentuk umbi yang dimiliki oleh ubi kayu ada bermacam – macam tetapi rata – rata memiliki bentuk silinder dan meruncing pada bagian ujung dan beberapa diantaranya bercabang – cabang. Di samping itu bentuk rata – rata umbi yang dimaksudkan biasanya bulat dan panjang yang di dalamnya mengandung zat pati memiliki warna putih keabu – abuan gelap yang mana masing – masing tanaman menghasilkan sekitar 5 s/d 10 buah umbi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman ubi kayu, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tinggalkan komentar