Penjelasan Lengkap mengenai Sumber Air

Penjelasan Lengkap mengenai Sumber Air – Definisi Air adalah unsur yang memiliki peran paling penting dalam kehidupan setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini. Suatu pernyataan tersebut adalah salah satu pengertian air secara umum. Secara ilmiah, air bisa disebut sebagai sebuah senyawa kimia yang terdiri dari dua unsur, yaitu unsur H2 (hidrogen) yang berikatan dengan unsur O2 (oksigen) yang kemudian menghasilkan senyawa air (H2O).

Dan penjelasan ilmiah lain tentang pengertian air mengatakan bahwa air adalah sebuah zat pelarut. Betul, air merupakan sebuah zat pelarut yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan makhluk hidup. Hal tersebut karena sifat kimia air yang bersifat melarutkan sehingga berperan penting dalam proses metabolisme makhluk hidup.

Secara sederhana, air juga bisa diartikan sebagai sebuah sumber kehidupan dan tanda kehidupan. Merupakan sumber kehidupan karena setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini memerlukan air untuk bisa bertahan hidup.

Dilain sisi, air juga diartikan sebagai tanda kehidupan. Hal tersebut tidak lain karena di dalam tubuh manusia sebagian besar tersusun dari air, sehingga ketika tidak ada air  maka tidak akan ada kehidupan pada manusia. Maka dengan begitu, bisa ditarik satu kesimpulan bahwa secara garis besar air merupakan senyawa yang memiliki peran penting dalam mendukung segala sisi kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di permukaan bumi ini.

Sumber Air di Alam

Air Laut

Pada air laut memiliki sifat asin, karena mengandung garam NaCl, dalam Kadar garam NaCl dalam air laut tidak memenuhi syarat untuk air minum.

Air Atmosfir, Air Meteriologik

Di dalam kehidupan sehari-hari air ini dikenal sebagai air hujan. Karena dapat terjadi pengotoran dengan adanya pengotoran udara yang disebabkan oleh kotoran – kotoran industri/debu dan lain sebagainya. Akan tetapi dalam keadaan murni sangat bersih, Sehingga untuk menjadikan air hujan sebagai sumber air minum hendaknya tidak menampung air hujan pada saat hujan baru turun, karena masih mengandung banyak kotoran.

Di samping itu air hujan mempunyai sifat agresif terutama terhadap pipa-pipa penyalur maupun bak-bak reservoir, sehingga hal ini akan mempercepat terjadinya korosi (karatan). Selain itu, air hujan ini mempunyai sifat lunak sehingga akan boros terhadap pemakaian sabun.

Air Permukaan

Seperti halnya yang di kemukakan oleh Chandra (2006) dalam buku Pengantar Kesehatan Lingkungan, pengertian air permukaan merupakan salah satu sumber penting bahan baku air bersih. Faktor-faktor yang harus diperhatikan, antara lain : Mutu atau kualitas baku, Jumlah atau kuantitasnya dan Kontinuitasnya.

Suatu Air permukaan seringkali adalah sumber air yang paling tercemar, baik karena kegiatan manusia, fauna, flora, dan zat-zat lainnya. Air permukaan meliputi:

  • Yang pertama Air Sungai, memiliki derajat pengotoran yang tinggi sekali. Dan hal ini disebabkan karena selama pengalirannnya mendapat pengotoran, misalnya oleh lumpur, batang-batang kayu, daun-daun, kotoran industri kota dan sebagainya. Sebab itu dalam penggunaannya sebagai air minum haruslah mengalami suatu pengolahan yang sempurna.
  • Kedua Air Rawa, Kebanyakan air rawa berwarna kuning coklat yang disebabkan oleh adanya zat-zat organis yang telah membusuk, misalnya asam humus yang larut dalam air. Dan dengan adanya pembusukan kadar zat organis yang tinggi tersebut, maka umumnya kadar mangan (Mn) akan tinggi pula dan dalam keadaan kelarutan O2 kurang sekali (anaerob), maka unsur-unsur mangan (Mn) ini akan larut.

Air Tanah

Sama halnya menurut Chandra (2006) dalam buku Pengantar Kesehatan lingkungan, pengertian air tanah merupakan sebagian air hujan yang mencapai permukaan bumi dan menyerap ke dalam lapisan tanah dan menjadi air tanah. Dan sebelum mencapai lapisan tempat air tanah, air hujan akan menembus beberapa lapisan tanah dan menyebabkan terjadinya kesadahan pada air.

Fungsi Air (Manfaat Air)

1). Bagi Kehidupan Manusia

Kebutuhan Pokok

Dengan banyak konsumsi air dapat menyehatkan pencernaan dan melancarkan metabolisme tubuh. Dan air juga menunjang berbagai aktivitas organ di dalam tubuh. Tanpa konsumsi air, metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang.

Kebutuhan Sekunder

Air juga dapat memenuhi kebutuhan sekunder manusia. Air merupakan salah satu faktor pendukung dalam kegiatan hari-hari manusia seperti mandi, mencuci, memasak, dan lain-lain.

Kesehatan Tubuh

  • Suatu Air putih mengatasi sembelit.
  • Air putih dapat meningkatkan sirkulasi darah.
  • Air putih dapat mengobati panas dalam.
  • Banyak minum air putih dapat mencegah stroke dan seranagn jantung.
  • Air putih dapat mengobati batuk, sariawan, dan panas dalam.

2). Bagi Hewan

Hewan juga membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya. Seluruh tubuh hewan juga membutuhkan banyak air untuk melancarkan aktivitas metabolismenya.

3). Bagi Tumbuhan

Bagi tumbuhan, air digunakan untuk proses fotosintesis. Proses fotosintesis berlangsung pada daun. Air dibawa dari tanah menuju batang hingga ke daun dan kemudian digunakan untuk proses fotosintesis.

Tinggalkan komentar