Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Cabe Merah

Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Cabe Merah

Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Cabe Merah – Cabe merah termasuk salah satu tanaman yang juga mudah di budidayakan sebab tidak membutuhkan biaya banyak dan jenis tanah yang khusus.

Akan tetapi cabe merah juga tanaman yang mudah terkena hama dan penyakit. Maka dari itu sering sekali para petani mengalami kerugian sebab penyakit hama pada cabe tidak akan mudah diatasi bila anda terlambat mengatasinya.

Bila anda ingin budidaya cabe merah tentunya harus mengenal hama dan penyakit lebih dulu, kedua resiko yang perlu dihindari tersebut juga perlu kita ketahui cara mengatasi dan pengendaliannya sebagai berikut:

  1. Ulat, ulat yang biasa menyerang tanaman cabe merah ini adalah ulat grayak. Ulat grayak ini menyerang bagian daun yang menyebabkan proses fotosintesis terganggu. Untuk mengendalikan penyakit dari ulat ini anda bisa mengumpulkan ulat yang berkeliaran pada malam hari. Pengambilan wajib dilakukan secara menyeluruh atau dengan cara lain dengan memasang perangkap imago hama. Cara pencegahan dari serangan hama ulat ini anda perlu menjaga kebersihan tanaman. Sementara untuk pengendalian secara kimiawi, anda bisa menyemprotkan jika hama sudah parah. Anda bisa melakukkan penyemprotan insektisida dan dilakukan ketika malam hari.
  2. Lalat buah. Cara mengatasi hama serta penyakit cabe merah tergantung dari jenisnya. Jenis pada hama cabe ini menyebabkan buah cabe rontok sebelum masa panen. Jika anda membelah cabe rontok tersebut akan terdapat larva lalat yang akan menjadi pupa dalam tanah. Untuk pengendaliannya anda bisa mengumpulkan semua cabe yang rontoh lalu membakarnya. Cara tersebut agar larva tidak menjadi pupa dan serangannya terputus.
  3. Antraknosa atau patek. Penyakit ini disebabkan oleh jamur collectotrichum capsici an calletotrichum gloeosporioides. Penyakit ini dapat bisa menyebabkan layu pada pucuk dan daun membusuk serta batang menjadi kering. Pada bagian akar akan mengalami busuk seperti habis terbakar.
  4. Bule atau virus kuning ini menyerang batang dan bagian daun yang akan terlihat menguning. Penyakit ini disebabkan oleh virus gemini yang dibawa benih yang sudah tertular kutu. Virus ini tidak akan mempan dengan menyemprotkan racun atau bahan kimia lainnya. Dan pengendalian ini wajib dilakukan dari awal dengan cara memilih bibit cabe yang tahan dari serangan virus. Untuk meningkatkan ketahanan tanaman dari penyakit ini anda harus melakukan pemupukan secara intensif dan menggunakan jenis pupuk organik cair.

Baca Juga : Cara Mencangkok Pohon Mangga

Tinggalkan komentar