Penyebab, Dampak dan Contoh Efek Rumah Kaca

Penyebab, Dampak dan Contoh Efek Rumah KacaPengertian rumah kaca adalah sebuah bangunan dimana seluruh bagiannya (dinding dan atap) terbuat dari kaca. Biasanya bangunan ini digunakan untuk bercocok tanam berbagai jenis sayuran, buah-buahan bahkan bunga dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Rumah kaca sendiri akan mudah ditemukan pada negara-negara yang memiliki 4 musim, sebab suhu di dalam rumah kaca akan tetap hangat meskipun pada saat itu sedang berlangsung musim dingin. Cara kerja rumah kaca adalah dengan menangkap cahaya dan panas matahari. Jadi, pada siang hari suhu di dalam bangunan tersebut menjadi semakin hangat dan pada saat malam hari tiba suhunya masih tetap terjaga, akibat dari panas yang terperangkap di dalam bangunan tersebut.

Jadi pengertian efek rumah kaca adalah istilah dari efek yang dihasilkan oleh rumah kaca untuk menggambarkan kondisi bumi dimana sinar matahari terperangkap di atmosfer.

Pada umumnya, sinar matahari yang masuk ke dalam bumi berfungsi untuk menghangatkan bumi dan menyinarinya. Sedangkan saat malah hari suhu di bumi menjadi dingin karena sinar matahari dipantulkan kembali ke luar angkasa oleh bumi.

Akan tetapi dikarenakan adanya efek rumah kaca, panas matahari yang ada dibumi  tidak dapat dipantulkan kembali ke luar angkasa yang berakibat suhu bumi pada saat malam hari tiba menjadi hangat, bahkan ada data yang menyebutkan bahwa setiap tahunnya suhu di bumi semakin meningkat. Kejadian ini lah yang sering disebut sebagai efek rumah kaca.

Penyebab Efek Rumah Kaca

Setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian efek rumah kaca, berikut ini adalah beberapa penyebab utama efek rumah kaca, antara lain;

  1. Pembakaran Hutan
  2. Penggunaan bakan bahar fosil
  3. Pencemaran laut
  4. Industri pertanian
  5. Limbah industri dan tambang
  6. Indunstri peternakan

Tinggalkan komentar