Tahapan dan Contoh Metamorfosis Sempurna

Tahapan dan Contoh Metamorfosis Sempurna

Tahapan dan Contoh Metamorfosis Sempurna – Pastinya kita sering mendengar istilah metamorfosis tapi taukah kamu apa yang sebenarnya dimaksud dengan metamorfosis itu?.

Nah, sebenarnya metamorfosis adalah perubahan atau perkembangan dalam bentuk tubuh dalam siklus beberapa hewan. Ada dua metamorfosis yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Kedua metamorfosis ini sama-sama memulai fase kehidupan tahap telur ke tahap yang lebih dewasa. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tahapan dan apa saja contoh dari metamorfosis sempurna.

Metamorfosis sempurna adalah perkembangan atau perubahan fisik dari serangga, misalnya kupu-kupu, kutu, semut, kumbang, lebah, ngengat, dan tawon. Metamorfosis sempurna ini meliputi tahap telur, larva, kepompong, dan dewasa.

Metamorfosis sempurna dimulai oleh serangga betina yang meletakkan telur, tahap kedua adalah larva yang menetas keluar dari telur.

Tubuh larva seperti cacing yaitu sangat lunak. untuk makannya sendiri sangat rakus, karena hal ini lah larva sangat cepat dalam pertumbuhan. Dalam proses pertumbuhannya, larva berganti kulit selama beberapa kali. Setelah itu tahap kepompong dimulai dari sekitaran tubuh larva mulai terbentuk kepompong.

Pada masa kepompong, larva memang tidak aktif dalam mencari makanan. Meski demikian, tubuh lebih banyak mengembangkan segmen, kaki, organ dalam, dan juga sayap.

Lamanya tahapan kepompong ini bergantung dari jenis hewan, spesies hewan, dan juga pengaruh dari lingkungan tetapi biasanya sekitar 4 mingguan. Setelah proses perkembangan selesai, maka tahapan selanjutnya adalah menjadi dewasa untuk pada akhirnya keluar dari kepompong tersebut.

Tahapan Metamorfosis Sempurna

Tahapan dari metamorfosis sempurna yaitu telur, lava, pupa, dan dewasa.

Contoh Metamorfosis Sempurna

  • Nyamuk : Telur > Jentik Jentik > Pupa > Nyamuk
  • Kupu-kupu : Telur > Ulat > Kepompong > dan akhirnya menjadi kupu Kupu
  • Lebah : Telur > Larva > Kepompong > dan menjadi Lebah
  • Lalat : Telur > Belatung > Pupa > hingga akhirnya menjadi Lalat
  • Semut : Telur > Larva > Pupa > dan menjadi Semut
  • Katak : Telur > Kecebong > Berudu 2 Kaki > Berudu 4 Kaki > Katak Muda > Katak Dewasa

Tinggalkan komentar