Tanda-Tanda Kiamat

Tanda-Tanda Kiamat – Percaya dan yakin akan datangnya kiamat dan tanda-tanda kiamat adalah bagian dari keimanan. Artinya, tidak mempercayai peristiwa ini, keimanan Anda batal. Hal ini selaras dengan firman ALLAH di surat Al-Baqarah 281 yaitu:

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

“Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur”.

Pembagian Kiamat

Menurut ajaran agama islam, terjadinya kiamat dibagi menjadi dua, yaitu kiamat kecil dan kiamat besar. Tanda-tanda keduanya juga berbeda. Ini dia penjelasannya:

1. Kiamat Kecil

Kiamat kecil adalah kiamat yang tanda-tandanya terjadi jauh sebelum kiamat terjadi. Bahkan sebagian dari tanda-tanda ini sudah terjadi di jaman Rasulullah SAW

2. Kiamat Besar

Sedangkan kiamat besar tanda-tandanya akan muncul manakala kiamat sudah dekat.

“Datang kepada kami Rasulullah SAW dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari kiamat”

Lalu Nabi SAW bersabda:

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. kemudian beliau menyebutkannya:

Tanda-Tanda Kiamat Besar

Ini dia beberapa tanda tanda kiamat besar yang diisyaratkan Nabi Muhammad SAW di hadist di atas, yaitu:

1. Asap

Tanda yang pertama adalah adanya asap yang tebal. Akibat asap atau dukhan ini, sebagian besar orang beriman mengalami penyakit flu. Sedangkan orang kafir mengalami kematian yang tragis.

2. Munculnya Dajjal

Dajjal adalah fitnah terbesar di akhir jaman. Bahkan keluarnya, pertanda kiamat sudah di ambang pintu. Menurut sejarah, kelak Dajal inilah yang akan memurtadkan banyak sekali orang islam yang imannya lemah.

3. Binatang Besar

Kelak sebelum kiamat besar datang, ALLAH akan menurunkan makhluknya yang teramat besar dari jenis hewan melata. Dia bisa berbicara seperti manusia. Tugasnya di dunia adalah menandai orang yang tidak beriman.

4. Matahari Muncul Dari Barat

Tanda kiamat selanjutnya adalah matahari terbit dari barat. Sudah banyak penelitian yang mengungkap fenomena ini. Bahkan beberapa ilmuwan menyimpulkan, jika ini terjadi, berarti bumi sedang terbalik.

5. Turunnya Nabi Isa

Kiamat tidak akan terjadi sebelum turunnya Nabi Isa As. Kelak, beliau yang diangkat ALLAH ke langit akan kembali turun ke bumi untuk membunuh Dajal.

6. Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj merupakan dua suku yang sangat kejam. Mereka akan turun untuk melakukan pengrusakan di muka bumi. Kini mereka masih berada di tempat tersembunyi dalam pengasingan dengan kepungan baja super kuat yang dibuat oleh Dzulqarnaen.

7.  Penenggelaman Bumi

Tanda-tanda kiamat selanjutnya adalah gempa yang dahsyat. Dengannya, sebagian bumi ditenggelamkan oleh ALLAH. Yang meliputi daratan di barat, timur dan jazirah Arab.

Itulah sebagian dari tanda-tanda kiamat besar. Kita senantiasa berdoa agar tidak mengalami masa-masa tersebut. Jika pun disampaikan, mohonlah ampun dan bertobat, supaya keimanan tetap ada di hati kita. Amin.

Tinggalkan komentar